Thursday, 18 December 2014

Menumbuhkan Kreatifitas Generasi Muda

creator Fajar Amarsyah at Thursday, December 18, 2014

Generasi Muda Indonesia Kreatif
Generasi Muda Indonesia Kreatif

Salah satu penyebab perkembangan bangsa Indonesia yang begitu lambat adalah kurangnya kreatifitas masyarakat Indonesia, yang meliputi berbagai hal. Sedangkan yang mengendalikan perkembangan bangsa kita, adalah generasi muda seperti kita. Jadi kurangnya kreatifitas dikalangan generasi muda ini yang menyebabkan perkembangan bangsa Indonesia menjadi terhambat.
Walaupun tidak semuanya tapi sebagian besar generasi muda Indonesia, tapi negara adalah suatu kesatuan jadi untuk menjadi negara maju semua peran generasi muda dibutuhkan.
Beberapa waktu lalu saya mengikuti sebuah acara musik tapi bertemakan pendidikan. Pengisi acara tersebut adalah band letto. Dan yang menjadi pembicara adalah noe (letto), merupakan anak dari budayawan M.H.Ainun Najib. Dia baru saja menyelesaikan kuliah S2 nya di Canada. Menurut dia kreatifitas timbul melalui beberapa tahap, yaitu menyerap, meledakkan, dan menata. Sedangkan masa kreatifitas manusia itu paling tinggi pada masa anak-anak karena pada masa anak-anak pemikiran mereka belum terkekang masih bebas berimajinasi. Dilain sisi pada saat kita dewasa pikiran kita sudah terkekang oleh berbagai peraturan dan tanggung jawab. Kembali ke tadi kita akan mebahas tentang tahapan kreatifitas yaitu menerap, meledakan, dan menata:
Menyerap
Menyerap dibagi menjadi dua tahapan, teliti, dan melihat hal yang ada dibalik sesuatu. Pertama kita harus teliti dalam melakukan sesuatu dan menentukan sesuatu. Sebagai contoh kita memiliki lima indra pada manusia. Kita harus dapat menggunakanya dengan maksimal dan waktu yang tepat. Pada saat kita menerima informasi kita harus teliti saat menerima informasi tersebut tidak menerima apa yang kita lihat saja, tapi juga gunakan apa yang anda dengar dan anda rasakan. Maka anda dapat mengolah informasi tersebut dengan tepat untuk dijadikan bahan selanjutnya yaitu meledakkan.
Melihat apa yang ada dibalik sesuatu, kita juga haru melihat apa yang orang lain tidak lihat, dan memperhatikan hal-hal kecil yang orang lain tidak perhatikan. Ini akan memperkaya bahan yang kita ledakkan
Meledakkan
                Setelah anda melakukan tahapan yang pertama menyerap, maka anda akan melalui tahap kedua yaitu meledakkan, yang dimaksud meledakkan jadi anda harus bisa memunculkan ide dan gagasan-gagasan kreatif dari apa yang sudah anda serap tadi. Jika anda menyerap banyak hal anda pasti bisa memunculkan ratusan gagasan ataupun ide.
Menata
                Dan yang terakhir setelah anda menemukan gagasan-gagasan kreatif tersebut, anda harus bisa menatanya untuk disajikan ke publik. “banyak lagu-lagu yang terkenal itu dibuat dari hal-hal sederhana yang ada di sekitar kita” kata noe pada saat itu. Jadi hal sederhana jika kita cerdik dalam menatanya hal tersebut menjadi hal yang luar biasa.
                Itulah beberapa tahapan kreatif yang disampaikan beliau. untuk menjadikan beliau maka untuk memajukan bangsa kita mari kita menjadi generasi muda Indonesia yang kreatif. Salam blogger!!!

YOUR ADSENSE CODE GOES HERE

3 Coretan:

Sharing on 19 Dec 2014, 13:41:00 said...

kreatifitas memang sangat diperlukan agar bisa bermanfaat.. tipsnya bermanfaat


Ridwan Septiadi on 19 Dec 2014, 13:50:00 said...

wah sangar blogmu jar , aku gek ngerti sip - sip..


Fajar Amarsyah on 19 Dec 2014, 15:40:00 said...

Maturnuwun-maturnuwun


Have any question? Feel Free To Post Below:

Komentar sobat sangat saya harapkan untuk evaluasi saya, tetapi saya mohon berkomentarlah yang sopan, sesuai dengan tema postingan, dan mohon jangan memasang link aktif !

 

Rangking





Ping your blog, website, or RSS feed for Free

My Link