Friday, 25 January 2013

12 Lagu Anak-Anak Yang Menyesatkan

creator Fajar Amarsyah at Friday, January 25, 2013

Lagu Anak-anakSaung Fajar, Apakah sobat tahu kalau ternyata lagu anak-anak yang populer banyak mengandung kesalahan, mengajarkan kerancuan, dan menurunkan motivasi mereka(anak-anak) percaya gak percaya tapi inilah faktanya sobat:








1. “Balonku ada 5… rupa-rupa warnanya… merah, kuning, kelabu.. merah muda dan biru… meletus balon hijau, dorrrr!!!” Perhatikan warna-warna kelima balon tsb., kenapa tiba2 muncul warna hijau ? Jadi jumlah balon sebenarnya ada 6, bukan 5!

2. “Aku seorang kapiten… mempunyai pedang panjang… kalo berjalan prok..prok.. prok… aku seorang kapiten!” Perhatikan di bait pertama dia cerita tentang pedangnya, tapi di bait kedua dia cerita tentang sepatunya (inkonsistensi) . Harusnya dia tetap konsisten, misal jika ingin cerita tentang sepatunya seharusnya dia bernyanyi : “mempunyai sepatu baja (bukan pedang panjang)… kalo berjalan prok..prok.. prok..” nah, itu baru klop! jika ingin cerita tentang pedangnya, harusnya dia bernyanyi : “mempunyai pedang panjang… kalo berjalan ndul..gondal. .gandul.. atau srek.. srek.. srek..” itu baru sesuai dg kondisi pedang panjangnya!

3. “Bangun tidur ku terus mandi.. tidak lupa menggosok gigi.. habis mandi ku tolong ibu.. membersihkan tempat tidurku..” Perhatikan setelah habis mandi langsung membersihkan tempat tidur. Lagu ini membuat anak-anak tidak bisa terprogram secara baik dalam menyelesaikan tugasnya dan selalu terburu-buru. Sehabis mandi seharusnya si anak pakai baju dulu dan tidak langsung membersihkan tempat tidur dalam kondisi basah dan telanjang!
4. “Naik-naik ke puncak gunung.. tinggi.. tinggi sekali.. kiri kanan kulihat saja.. banyak pohon cemara.. 2X” Lagu ini dapat membuat anak kecil kehilangan konsentrasi, semangat dan motivasi! Pada awal lagu terkesan semangat akan mendaki gunung yang tinggi tetapi kemudian ternyata setelah melihat jalanan yg tajam mendaki lalu jadi bingung dan gak tau mau ngapain, bisanya cuma noleh ke kiri ke kanan aja, gak maju2!

5. “Naik kereta api tut..tut..tut. . siapa hendak turut ke Bandung .. Surabaya .. bolehlah naik dengan naik percuma.. ayo kawanku lekas naik.. keretaku tak berhenti lama” Nah, yg begini ini yg parah! mengajarkan anak-anak kalo sudah dewasa maunya gratis melulu. Pantesan PJKA rugi terus! terutama jalur Jakarta- Bandung dan Jakarta-Surabaya!

6. “Di pucuk pohon cempaka.. burung kutilang berbunyi.. bersiul2 sepanjang hari dg tak jemu2.. mengangguk2 sambil bernyanyi tri li li..li..li.. li..li..” Ini juga menyesatkan dan tidak mengajarkan kepada anak2 akan realita yg sebenarnya. Burung kutilang itu kalo nyanyi bunyinya cuit..cuit.. cuit..! kalo tri li li li li itu bunyi kalo yang nyanyi orang, bukan burung!

7. “Pok ame ame.. belalang kupu2.. siang makan nasi, kalo malam minum susu..”
Ini jelas lagu dewasa dan untuk konsumsi anak2! karena yg disebutkan di atas itu adalah kegiatan orang dewasa, bukan anak kecil. Kalo anak kecil, karena belom boleh maem nasi, jadi gak pagi gak malem ya minum susu!

8. “nina bobo oh nina bobo kalau tidak bobo digigit nyamuk”
Anak2 indonesia diajak tidur dgn lagu yg “mengancam”

9. “Bintang kecil dilangit yg biru…”
Bintang khan adanya malem, lah kalo malem bukannya langit item?

10. “Ibu kita Kartini…harum namanya.”
Namanya Kartini atau Harum?

11. “Pada hari minggu ku turut ayah ke kota. naik delman istimewa kududuk di muka.”
Nah,gak sopan khan..

12. “Cangkul-cangkul, cangkul yang dalam, menanam jagung dikebun kita…”
kalo mau nanam jagung, ngapain nyangkul dalam-dalam

Source:
http://www.kaskus.co.id/thread/50cecb7f4f6ea1c04e000050/inilah-12-lagu-anak-anak-yang-menyesatkan/


YOUR ADSENSE CODE GOES HERE

16 Coretan:

yusrin on 15 Apr 2013, 19:52:00 said...

Yang nulis ni artikel teliti amat yah... :D


Nakamasei on 17 Jun 2013, 06:45:00 said...

ha ha ha... yang nulis "teliti"

BALONKU
Penggubah:A.T.Mahmud ( Abdulah Totong Mahmud )

Balonku ada lima
Rupa-rupa warnanya
hijau, kuning, kelabu
Merah muda dan biru

Meletus balon hijau DOR
Hatiku sangat kacau
Balonku tinggal empat
Kupegang erat-erat

adanya balon warna merah muda bukan merah...


Anonymous said...

yang nomer 10 mantab dehhhh


Anonymous said...

lagu anak seperti anak kecil konsepnya jadi anak kecil bukan orang dewasa berbadan kecil harap maklum toh kritikan lagu balonku anda juga salah yang pertama hijau jangan diganti merah.. wkwwwwkkkkwkwk.


Anonymous said...

anda'a terlalu mkir negatif mana ada sih mau nyiptain lgu nyesatin ..
klo balonku gw akuin emg aneh ..bukan sesat ..


Anonymous said...

Terlalu berlebihan..lagu anak-anak itu lagu penuh khayalan,,,tidak perlu dikaitkan dengan ilmu pasti,,,,,, lagipula BALONKU liriknya tidak seperti itu ,,,yg benar hijau kuning ,kelabu.... kalau mau mengkritisi lebih pintar sedikit kalau mau mencari simpati..thanks.... lebih baik mengkritisi hal-hal yang lebih penting ,,,toh anak-anak juga tidak memikirkan lirik2nya,,karena tarafnya masih sangat ringan,..hehe..good luck


Anonymous said...

Ini yang bikin tulisan wawasannya kurang ...yang naik delman itu.."muka" itu maksudnya depan...belajarlah memahami kosa kata bahasa indonesia sebelum melakukan kritik seperti ini..berhati-hatilah kawan dalam melakukan kritik dalam sebuah karya....nanti tulisan anda jadi tidak bermutu kalau pemahaman kosakata saja masih salah...terima kasih


mardiatul munawwarah on 22 Feb 2014, 20:17:00 said...

Ente belum punya karya aja soknya mau mengkritik karya orang lain hadeee


SYARWANI ARSAKA on 23 Mar 2014, 20:56:00 said...

Ya ada juga betulnya komentar anda, tapi hrs kita sadari bahwa ini buat anak2, jd kemungkinan hnya utk huburan smata ...


Anonymous said...

ente ngapain mengkritik karya orang,karya loe mana? tunjukan!


Soedrajat Ojat on 28 Sep 2014, 22:11:00 said...

Baangbuuuung hideeeuuuuung .......


Anonymous said...

Hijau kuning kelabu, gan.. Bukan merah kuning.. -,-


Anonymous said...

Biarin aj lg blajar stund up comedy xeles


Anonymous said...

goblok


Anonymous said...

Lagu bintang kecil itu liriknya bintang kecil di langit yang tinggi, udah bener yg nyiptain, hanya anda saja yg salah menghafal


Anonymous said...

Anak kecil woy! Mana tau mereka! Mereka tau kalau kita Kasih tau! Pikiranya masih polos atuh!!!


Have any question? Feel Free To Post Below:

Komentar sobat sangat saya harapkan untuk evaluasi saya, tetapi saya mohon berkomentarlah yang sopan, sesuai dengan tema postingan, dan mohon jangan memasang link aktif !

 

Rangking





Ping your blog, website, or RSS feed for Free

My Link