Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak Kita


Tips mencerdaskan otak
       Otak merupakan pusat konntrol yang mengendalikan hidup kita. Otaklah yang menentukan bagaimana cara kita berpikir dan berinteraksi dengan orang lain. Mengoptimalkan fungsi otak adalah suatu keharusan jika kita ingin mengeluarkan potensi diri semaksimal mungkin. Dengan melatih otak kita, akan terbentuk saraf baru yang dapat melindungi terhadap gejala demensia atau kepikunan.
              
   Ingin tahu bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk mencerdaskan otak kita? Berikut tipsnya:
1. Membaca

Membaca dapat menentukan otot-otot otak dan membantu membangun “cadangan kognitif” untuk menunda timbulnya demensia.
2. Mengaktifkan Tangan Kiri dan Tangan Kanan
Lakukan tugas dengan tangan nondominan. Jika biasanya dominan menggunakan tangan kanan, maka gunakan tangan kiri (kidal), dan sebaliknya.
3. Belajar Bahasa Asing
Penggunaan beberapa bahasa dapat meningkatkan suplai darah ke otak untuk menjaga kesehatan koneksi saraf.
4. Ubah Rutinitas
Dengan mengubah rutinitas dan pola hidup baru dapat mengaktifkan koneksi otak yang sebelumnya tidak aktif.
5. Latihan Fisik
Latihan fisik dapat meningkatkan kesehatan otak, meningkatkan perhatian, penalaran, dan memori. Misalnya olahraga lari, sel-sel tubuh yang diaktifkan dengan olahraga lari akan emntransfer zat-zat molekul atau growth factors yang membuat saraf-saraf baru dan jaringan otak, sehingga membuat seseorang memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik.
6. Hidup Sosial
Otak dapat dilatih dengan menjalani hidup sosial kita, misalnya dengan mengunjungi teman dan berinteraksi dengan orang lain. Jaringan sosial dapat memberikan perlindungan terhadap terhadap gejala klinis penyakit Alzheimer.
7. Menikmati Musik
Selain mendengarkan musik dan belajar memainkan instrumen musik, para ahli juga merekomendasikan untuk mengaktifkan dua indra sekaligus, seperti menedengarkan musik dan mencium bunga.
8. Bermain Puzzel atau Teka-Teki Silang
Teka teki silang, puzzle, tebak kata, dan jenis puzzle lainya, dapat melatih otak khusunya otak kiri.
9. Bermain Permainan Setrategi
Permainan setrategi seperti catur, monopoli, atau game komputer lainya, akan menggunakan otak kanan yang dapat membantu orang untuk lebih berpikir kreatif.
10. Mencari Hobi Baru
Tatang otak untukbelajar keterampilan baru atau hal-hal yang belum pernah kiita lakukan sebelumnya. Temukan sesuatu yang baru dan menarik untuk dapat menjaga otak tetap aktif.
Ayo sobat mudahkan, tunggu apalagi jika kalian ingin meningkatkan kinerja otak kalian langsung di coba aja 10 tips di atas !

Sumber: LKS KREATIF

Post a Comment

1 Comments

Komentar sobat sangat saya harapkan untuk evaluasi saya, tetapi saya mohon berkomentarlah yang sopan, sesuai dengan tema postingan, dan mohon jangan memasang link aktif !